2009年11月30日月曜日

Sejarah Blog

• akhir 90-an
Pada rentang waktu inilah mulai menggunakan nama pakacil. Sebuah nama yang sangat “Banjar” dan saya rasa sangat egaliter. ID digunakan pada sejumlah layanan, walaupun saya yakin, bisa juga ada yg menggunakan ID yang sama untuk hal lain yg saya tidak tau dengan pasti.

• pra – 2006
Membangun dan menjalankan sebuah media informasi untuk Kota Banjarbaru selama 1 tahun, dengan alamat kotabanjarbaru.info yang sekarang sudah in-aktif. Kesulitan utama dulu adalah karena sendirian, dan berusaha memburu informasi dari “dalam” Banjarbaru. Proses ini yang agak sulit. Waktu itu kotabanjarbaru.info sempat mendapat respon dari sejumlah pembacanya yang menyatakan kaget, karena menemui informasi-informasi yang tidak beredar melalui media seperti koran, dll.

• 2006
memulai blogging dengan platform blogspot dan wordpress. namun kini kesemuanya sudah tidak aktif lagi.

• 2006 – 2007
menunggu dan mengontrak secara sah domain banjarbaru .com/.net/.org yang kemudian dipergunakan sebagai media khusus untuk Kota Banjarbaru yang penggunaannya bisa dilihat pada halaman banjarbaru ini. Pada salah satu sub-domain banjarbaru itulah kemudian saya meletakkan blog pakacil, kalau tidak salah adalah pakacil.banjarbaru.*** (lupa).

• 2008
memutuskan untuk menggunakan domain pakacil sendiri. Waktu itu diawali dengan pakacil.net. Blog dengan mempergunakan engine Joomla. Setelah kontrak pakacil.net, berturut-turut kemudian saya kontrak pakacil.com dan pakacil.org.

• 2 Mei 2009
setelah melalui berbagai pertimbangan dan rasa sedih, saya memutuskan untuk migrasi dari pakacil.net menuju pakacil.com ini. Ini dinyatakan dengan pemberitahuan Buka Pintu di Rumah Baru. Walau sekian lama terabaikan, akhirnya saya putuskan untuk mengaktifkan lagi pakacil.net. Tentang hal ini sudah saya ceritakan pada waktu saya menyatakan ingin pulang.

0 件のコメント:

コメントを投稿