2009年11月12日木曜日

Hutan batu

The beatiful of stone forest


The garden of heaven

Mungkin bagaimana indahnya pemandangan hutan tropis di Indonesia sudah banyak yang tahu. Namun pasti tidak banyak yang tahu dan menyadari bahwa Indonesia juga mempunyai “hutan batu” yang sangat indah dan mungkin satu-satunya di Indonesia.

Hutan batu ini adalah salah satu bagian dari kekayaan kawasan karst Maros-Pangkep yang merupakan hasil dari proses pelarutan batu gamping atau disebut juga “residual karst”. Hutan batu ini sangat mudah ditemukan di sekitar persawahan di Kabupaten Maros dan Pangkep. Salah satu “taman alam” yang paling mudah dicapai adalah yang terdapat di Desa Salenrang Dusun Rammang-Rammang. Dari kejauhan, hutan batu ini menyerupai taman dengan berbagai macam pepohonan dari pandan sampai palem. Beberapa bentukan khas dari proses pelarutan gamping juga menimbulkan pemandangan yang sangat indah.Hutan batu ini tidak hanya ditemukan di Desa Salenrang namun juga dapat ditemukan disekitar Desa Leang-leang dan Desa Soreang.

Hutan batu dan masyarakat

Selain mempunyai pemandangan yang indah, hutan batu ini juga berfungsi sebagai sumber mata air bagi masyarakat di sekitarnya terutama pada musim kemarau. Masyarakat sekitar sangat bergantung dengan sumber air yang letaknya di tengah-tengah hutan batu dengan menyusuri lorong-lorong sempit dan berkelok-kelok. Meskipun airnya sedikit payau karena berdekatan dengan pantai, namun masyarakat biasa mempergunakan untuk mandi, cuci dan bahkan untuk keperluan minum dan memasak. Di dalam hutan batu tersebut terdapat sedikitnya lima sumber air yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar

0 件のコメント:

コメントを投稿